Jumat, 28 Maret 2014

10 Macam buah beserta khasiat dan manfaatnya



1)   APEL
           MANFAAT BUAH APEL
  1. kaya vitamin beberapa vitamin yang terkandung dalam sebuah apel seperti vitamin A,Vitamin B1,vitamin B2 ,vitamin B3,Vitamin B5,vitamin B6,Vitamin B9 dan vitamin C.
  2. Zat Flafoid
    Zat flafoid terbukti membantu menurunkan resiko kanker paru-paru sampai 50%.penelitian dari Cornell University di AS menemukan bahwa zat fitokimia dalam kulit apel dapat menghambat pertumbuhan kanker usus sebesar 43%.
  3. Boron
    Kandungan Boron yang terkandung dalam buah apel membantu wanita mempertahaankan kadar hormone esterogen saat menepouse,dengan begitu mengurangi ganguan yang di sebabkan oleh ketidak seimbangan hormone seperti depresi,jantung,osteoporosis,dan juga kandungan buah apel melindungi tubuh dari virus flu.
  4. Tanin
    Zat tannin sangat baik untuk menjaga kesegaran mulut,kerusakan gigi,dan penyakit gusi.
  5. Fitokimia
    Buah apel juga mengandung fitokimia yang merupakan antioksidan untuk melawan radikal bebas yang berasal dari polusi atau lingkungan sekitar,zat ini juga berfungsi menekan jumlah kolesterol jahat ( LDL ) yang dapat menyebabkan penyumbatan pembulu darah.
  6. Asam tartar
    Asam tartar dapat menyehatkan saluran pencernaan, karna zat ini mampu membunuh bakteri yang ada dalam saluran penceraan.
  7. Serat
    Apel kaya akan serat sehingga baik untuk orang yang sedang berdiet,hal ini disebabkan karena serat yang tinggi sehingga mencegah lapar datang lebih cepat.


2)   JERUK

Manfaat buah jeruk

            1. Menghindari radikal bebas
Vitamin C dalam peranannya sebagai anti-oksidan, selain melindungi kulit dari pengaruh buruk radikal bebas, juga memperkuat sel-sel kulit, sehingga sel-sel kulit dapat lebih cepat memperbaiki jaringan yang rusak karena pengaruh radikal bebas tersebut. Selain itu, vitamin C juga meningkatkan produksi kolagen pada kulit sehingga elastisitas kulit pun terjaga. Proses ini disebut dengan proses regenarasi kulit.
2. Menghaluskan kulit
Anda merasa terganggu dengan kulit yang kasar mengeras dan berwarna kehitaman? Buah lemon atau buah jeruk nipis dapat membantu mengatasi masalah ini. Gosoklah bagian yang mengeras dengan batu apung atau scrub. Kemudian, gosokkan potongan lemon pada bagian yang mengeras. Sesudahnya gunakan pelembab. Lakukan hal ini dengan teratur untuk mendapatkan hasil yang memuaskan.
3. Mengatasi kaki bengkak
Potongan buah jeruk, terutama buah jeruk sitrun maupun buah jeruk lemon, dapat membantu Anda mengatasi masalah kaki membengkak, terutama jika terlalu lelah. Bersihkan dan seka kaki hingga bersih, lalu rendam dalam air hangat yang ditetesi Citrus oil maupun Lemon oil. Bisa juga Anda menaruh potongan-potongan lemon segar pada air rendaman tersebut, atau mengompres kaki dengan potongan buah tersebut.
4. Sebagai obat demam
Cara membuat ramuan: Buah jeruk nipis dibelah dicampur dengan daun papaya dan kencur. Ketiga bahan direbus dengan tiga gelas air. Rebus ramuan hingga tersisa satu gelas dan saring airnya untuk diminum tiga gelas sehari sebanyak setengah gelas.

Khasiat Buah Jeruk
1. Sumber vitamin C
Satu buah jeruk memiliki pasokan 116,2 persen dari nilai harian untuk asupan vitamin C. Vitamin C bermanfaat untuk menurunkan risiko kanker usus besar karena bisa membantu mengusir radikal bebas yang menyebabkan kerusakan pada DNA.
Vitamin C, juga penting sebagai sistem kekebalan tubuh, baik untuk menangkal flu dan mencegah infeksi telinga berulang.
2. Antioksidan untuk kesehatan kulit
Antioksidan dalam buah jeruk membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang bisa menimbulkan tanda-tanda penuaan. Satubuah jeruk sehari dapat membantu Anda mempertahankan keremajaan kulit meski usia sudah beranjak 50 tahun.
3. Kaya Vitamin B6
Vitamin ini membantu mendukung produksi hemoglobin dan juga membantu menjaga tekanan darah tetap normal karena adanya magnesium. Menurut sebuah studi oleh peneliti AS dan Kanada, senyawa yang ditemukan dalam kulit buah jeruk yang disebut Polymethoxylated flavon (PMFs) juga memiliki potensi untuk menurunkan kolesterol lebih efektif dan tanpa efek samping daripada beberapa resep obat lainnya.
4. Serat jeruk untuk cegah Diabetes Serat dalam buah jeruk membantu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Karena itulah, buah jeruk aman dijadikan makanan selingan sehat bagi penderita diabetes. Gula buah alami dalam buah jeruk, fruktosa, dapat membantu menjaga kadar gula darah tetap normal.


3) ALPUKAT

Kandungan Gizi Buah Alpukat
Kandungan nutrisi dalam satu buah alpukat adalah sebagai berikut :
1. 95 mg fosfor
2. 23 mg kalsium
3. 1,4 mg zat besi
4. 9mg sodium
5. 1,3mg potasium
6. 8,6 mg niacin
7. 660 I.U. Vitamin A
8. 82 mg Vitamin C

Manfaat Buah Alpukat

1. Kecantikan
Dalam hal ini buah alpukat mengandung vitamin E yang dapat membantu menghaluskan kulit. Serta vitamin A membantu perawatan pada kulit. Dengan kombinasi vitamin tersebut membuat kulit menjadi kenyal, menghilangkan kerut, membuat kulit terlihat muda dan segar. Umumnya buah alpukat digunakan dalam kecantikan sebagai masker wajah.
2. Kesehatan
Untuk masalah kesehatan tidak dipungkiri lagi, sebab buah alpukat mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. Seperti, Potasium (kalium) yang ada dalam buah alpukat dapat mengurangi depresi, mencegah pengendapan cairan dalam tubuh dan dapat menurunkan tekanan darah. Dalam buah alpukat juga ada lemak nabati yang tinggi yang tak jenuh. Lemak ini berguna untuk menurunkan kadar kolesterol darah (LDL), yang berarti dapat mencegah penyakit stroke, darah tinggi, kanker atau penyakit jantung. Lemak tak jenuh pada buah alpukat juga mudah dicerna tubuh sehingga dapat memberikan hasil maksimal pada tubuh. Lemak tak jenuh pada buah alpukat juga mengandung zat anti bakteri dan anti jamur. Jadi jangan khawatir tentang pendapat bahwa buah alpukat dapat menyebabkan kegemukan.
3. Mencegah Radikal Bebas
Asam oleat yang terkandung dalam buah alpukat merupakan antioksidan yang sangat kuat yang dapat menangkap radikal bebas dalam tubuh akibat polusi. Radikal bebas tersebut jika didalam tubuh dapat menimbulkan berbagai macam keluhan kesehatan.
4. Meredakan Sidrom Pra-haid
Vitamin B6 yang terdapat pada buah alpukat ini berkhasiat untuk meredakan sidrom pra-haid atau pra-menstruasi (PMS) yang umumnya diderita wanita setiap bulan.


4) PIR

Manfaat Buah Pir
Manfaat terbesar buah pir terdapat pada kulitnya. Karena itu, sebaiknya tidak mengupas kulit buah pir jika Anda ingin mengonsumsinya. Kebanyakan serat yang terkandung di buah pir terdapat di kulitnya, termasuk quercetin, yakni zat antioksidan dan flavonoid yang memiliki efek antiradang. Meski zat tersebut tak sebanyak yang dimiliki apel dan bawang bombai, namun masih merupakan nutrien yang baik dari buah pir. Selain itu, buah buah pir juga memiliki folat, yang telah terbukti bisa mencegah cacat pada saraf bayi. Maka wanita yang hamil disarankan untuk mengonsumsi buah pir. Mereka yang memiliki masalah dengan alergi makanan amat disarankan untuk mengonsumsi buah pir karena aman dan tidak mencetuskan reaksi alergi. Buah pir juga disarankan sebagai buah pertama yang diberikan kepada anak-anak karena dinilai hipoalergenik.

Khasiat Buah Pir

1. Vitamin C dan K
Buah pir merupakan sumber vitamin C yang baik. Konsumsi satu buah pir setiap hari memenuhi 17 persen kebutuhan tubuh akan vitamin C setiap hari. Vitamin C dikenal sebagai senyawa utama tubuh yang dibutuhkan dalam berbagai proses penting, mulai dari pembuatan kolagen, pengangkut lemak, pengangkut elektron dari berbagai reaksi enzemik, pemacu gusi yang sehat, pengatur tingkat kolesterol, serta pemacu imunitas. Selain itu, vitamin C sangat diperlukan tubuh untuk penyembuhan luka dan meningkatan fungsi otak agar dapat bekerja maksimal. Kandungan vitamin K pada buah pir juga cukup baik. Konsumsi satu buah pir memenuhi 15 persen kebutuhan tubuh akan vitamin K setiap hari. Vitamin K sangat berguna untuk membantu proses pembekuan darah. Vitamin K mempunyai potensi dalam mencegah penyakit serius, seperti penyakit jantung dan stroke, karena efeknya yang dapat mengurangi pengerasan pembuluh darah oleh faktor timbunan plak kalsium.
2. Anti Kanker
Buah pir mempunyai sejumlah manfaat yang berguna untuk menjaga kesehatan. Selain kandungan gisi yang tinggi, buah pir juga mengandung senyawa-senyawa yang esensial bagi tubuh. Buah pir mengandung asam klorogenat (chlorogenic acid) yang merupakan salah satu bagian dari asam hidroksi sinamat (hydroxy cinnamic acid). Asam hidroksi sinamat ini berperan sebagai antioksidan yang dapat membendung pembentukan sel kanker. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa asam tersebut juga mampu mencegah pertumbuhan bakteri Shigella sonnei, yang menjadi penyebab penyakit pada saluran pencernaan. Asam hidroksi sinamat juga dapat mencegah terjadinya kanker kolon. Kemampuan tersebut dimiliki karena asam itu dapat mengikat nitrat di dalam perut, sehingga menghambat terbentuknya nitrosamin. Nitrosamin merupakan senyawa karsinogenik (penyebab kanker) yang sangat potensial di dalam tubuh.


 

5) MARKISA

Manfaat Buah Markisa

Ada 5 manfaat buah markisa bagi kesehatan yaitu :
1. Buah Markisa Kaya akan Serat
Buah markisa memiliki kandungan serat yang tinggi. Hal ini sangat bermanfaat bagi kesehatan pencernaan, saluran pencernaan dan usus menjadi bersih. Anda dapat memilih buah markisa sebagai salah satu sumber serat. Biji dari buah markisa pun bisa dimakan karena mengandung serat. Buah markisa juga bisa dijadikan pencahar ringan.
2. Buah Markisa Kaya Antioksidan
Warna-warna kulit buah markisa yang ungu serta warna daging yang berwarna oranye, menunjukkan bahwa buah markisa kaya akan antioksidan. Antioksidan bertugas untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh. Buah markisa memiliki air dan antioksidan yang larut dalam lemak. Salah satu antioksidan utama yang ditemukan dalam buah markisa adalah beta-karoten.
3. Buah Markisa Sangat Baik bagi Penderita Asma
Bagi Anda penderita asma, buah markisa adalah buah yang sangat bergizi dan sehat yang dapat menenangkan serangan asma. Selain karena mengandung vitamin C, buah markisa tampaknya memiliki efek memblokir histamin yang menyebabkan gejala asma.
4. Buah Markisa adalah Sumber Nutrisi yang Baik
Seperti yang kita ketahui sebelumnya, buah markisa adalah sumber vitamin C yang baik, satu porsi 100 g (3,5 ons) mengandung 30 mg vitamin C. Vitamin C meningkatkan kekebalan tubuh dan merupakan antioksidan. Satu porsi 100 g buah markisa mengandung 1275 IU vitamin A. Vitamin A meningkatkan kualitas penglihatan dan membantu dalam melawan infeksi, membuat kulit sehat bersinar dan membantu pertumbuhan sel. Buah markisa juga merupakan sumber kalium (348 mg dalam 100 g). Mineral ini memiliki efek yang menyehatkan pada jantung manusia dan membantu fungsi jantung, aliran dan tekanan darah dalam tubuh. Selain kalium, buah markisa juga mengandung zat besi, magnesium dan kalsium.
5. Buah Markisa sangat baik Dikonsumsi Orang yang Sedang Diet
Bagi orang yang sedang menjalani Diet, Buah-buah merupakan hal yang wajib dikonsumsi, dan buah markisa sangat baik untuk dikonsumsi. Hal ini dikarenakan buah markisa memiliki kalori yang rendah, hanya 97 kalori per 100 g. Buah markisa juga rendah sodium dan lemak.Buah markisa juga mengandung karbohidrat dan gula alami dalam jumlah yang baik. Nutrisi buah ini bekerja menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh. Kandungan serat yang tinggi pada buah ini membuat Anda kenyang, sehingga Anda tidak ingin makan makanan lain lagi.
Buah anggur mengandung flavanoid, yakni antioksidan yang akan membantu memperlambat proses penuaan akibat radikal bebas. Buah anggur tidak hanya sumber dari vitamin A, C, B6 dan folate yang baik. Tetapi juga sumber mineral penting lainnya seperti potassium, calcium, iron, phosphorus, magnesium dan selenium. Semua vitamin tersebut sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh.

 6) ANGGUR



Khasiat Buah Anggur

Buah anggur banyak mengandung khasiat untuk menghilangkan beberapa penyakit. Berikut ini adala beberapa penyakit yang dapat dihilangkan oleh buah anggur :
1. Asma
Buah anggur memiliki kekuatan assimilatory yang dapat meningkatkan kadar air dalam paru-paru. Hal ini sangat baik bagi penderita asma karena dapat mengurangi masalah sesak nafas.
2. Antibakteri
Buah anggur merah memiliki kandungan antibakterial dan antivirus yang kuat, sehingga dapat melindungi tubuh dari infeksi.
3. Sembelit
Buah anggur mengandung asam organik, gula, selulosa yang dikenal sebagai pencahar. Manfaat ini sangat baik untuk mengatasi keluhan sembelit atau susah buang air besar.
4. Penyakit jantung
Tingkat oksida nitrat dalam darah akan meningkat ketika Anda mengonsumsi buah anggur, yang bermanfaat untuk mencegah pembekuan dan mengurangi risiko penyakit jantung. Antioksidannya juga dapat menghentikan oksidasi kolesterol LDL yang menghambat pembuluh darah.
5. Pencernaan
Bila Anda menderita gangguan pencernaan, ada baiknya Anda mengonsumsi buah anggur. Buah anggur juga baik untuk mengatasi masalah perut lainnya.
10. Gangguan ginjal
Buah anggur dapat membantu menyingkirkan asam pada ginjal. Hal ini berarti mengurangi gangguan pada tekanan ginjal.


7) SEMANGKA
Manfaat Buah Semangka
Beberapa manfaat buah semangka untuk kesehatan:
  1. Manfaat kesehatan dari buah semangka yang benar-benar mengagumkan. Buah semangka merupakan sumber dari beberapa antioksidan yang paling penting yang ditemukan di alam.
  2. Sumber vitamin C dan juga merupakan sumber yang sangat baik dari vitamin A, terutama melalui konsentrasi beta-karoten.
  3. Buah semangka mengandung senyawa antioksidan karoten kuat yang lebih unggul dari vitamin C dan E namanya Likopen. Likopen adalah pigmen merah pada tumbuhan, merupakan senyawa fitokimia yang terdapat dalam buah tomat, buah semangka dan buah-buahan berwarna merah yang lain. Senyawa ini merupakan golongan karotenoid yang paling umum yang terdapat dalam tubuh manusia. Senyawa ini larut dalam air sehingga tidak sulit untuk mendapatkannya.
  4. Buah semangka kaya akan vitamin B yang diperlukan untuk produksi energi. Ahli makanan merekomendasikan buah semangka sebagai sumber yang sangat baik untuk vitamin B6, sumber vitamin B1 dan magnesium. Karena kadar air yang lebih tinggi sekitar sembilan puluh persen dan nilai kalor berada di peringkat lebih tinggi daripada buah-buahan lainnya.
Khasiat Buah Semangka
Dengan kandungan nutrisinya yang banyak, buah semangka memberikan beragam khasiat untuk beragam masalah kesehatan, seperti dibawah ini :
1. Pembangkit energi
Buah semangka kaya akan vitamin B yang berfungsi untuk menambah energi tubuh. Makan buah semangka sebelum melakukan latihan fisik bisa jadi solusi tepat untuk menambah energi dan menghlangkan dehidrasi.
2. Kaya Antioksidan
Buah semangka kaya akan antioksidan alami yang merupakan sumber baik vitamin A dan C. Buah semangka berwarna merah memiliki kandungan antioksidan karotenoid dan likopen lebih banyak dibanding warna lain. Senyawa ini bisa mengurangi resiko asma, penyakit jantung, osteoporosis, rematik, dan berbagai macam kanker dengan menetralisir radikal bebas berbahaya yang bisa merusak sel dan selaput sel.
4. Meningkatkan kesehatan mata
Makan buah semangka setiap hari secara teratur dapat mencegah rabun senja. Buah semangka kaya akan vitamin A dan betakarotein yang baik untuk meningkatkan kesehatan mata secara keseluruhan. Juga mencegah degenerasi makula yang disebabkan oleh faktor usia.


  
8) PISANG

Buah pisang mempunyai kandungan gizi sangat baik, antara lain menyediakan energi cukup tinggi dibandingkan dengan buah-buahan lain. Buah pisang kaya mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, besi, dan kalsium. Buah pisang juga mengandung vitamin, yaitu C, B kompleks, B6, dan serotonin yang aktif sebagai neurotransmitter dalam kelancaran fungsi otak.


Khasiat Buah Pisang
Ternyata ada banyak sekali khasiat buah pisang, seperti yang ada dibawah ini :
  1. Buah pisang merupakan sumber kebaikan potassium, karena 100 gram buah pisang mengandung 400 gram potassium. Sekedar mengingatkan, potassium adalah nutrisi yang bisa membantu menurunkan tekanan darah, menyuplai energi, membantu pertumbuhan otot dan mencegah terjadinya kram otot.
  2. Delapan asam amino-molekul pembentuk protein dikandung buah pisang. Itu dibutuhkan tubuh, karena tubuh tak mampu menghasilkannya.
  3. 23 Juta buah pisang dikonsumsi para petenis pria dan wanita dalam turnamen tenis Wimbledon setiap tahunnya. Maklum, buah pisang memiliki sumber energi tinggi.
  4. Diare bisa disembuhkan hanya dengan mangkonsumsi buah pisang yang memiliki titik-titik coklat di kulitnya. Sebab, ada pectin, potassium dan magnesium yang dikandung oleh buah pisang.
  5. Buah pisang mampu memulihkan stamina tubuh, sebab buah pisang menggantikan potassium yang hilang dari dalam tubuh. Selain itu buah pisang juga mampu menghilangkan rasa pegal, mengurangi rasa mual, dan mengurangi tingginya level magnesium, sehingga membantu menghilangkan pusing dan melancarakan peredaran darah.
  6. Kulit buah pisang mempunyai manfaat lebih di daerah tropis, selayaknya Indonesia. Rasa gatal dan bengkak bekas gigitan nyamuk bisa dihilangkan dengan hanya mengusapkan kulit buah pisang.
  7. Dua buah pisang sehari mampu mengurangi tekanan tinggi sampai 10 persen. Itu berdasarkan penelitian para dokter di India.
  8. Buah pisang mengandung 3 gula yaitu fruktosa, sukrosa, glukosa dan memiliki lebih banyak karbohidrat serta yang penting dibandingkan buah lain. Gula yang masuk ke aliran arah mengalir dengan kecepatan berbeda yang bisa menjaga kadar gula dan menghindari energy crashes.



9) NANAS

Buah nanas banyak mengandung vitamin A dan C sebagai antioksidan. Buah nanas juga mengandung kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium, kalium, dekstrosa, sukrosa, dan enzim bromelain. Bromelain berkhasiat sebagai antiradang, membantu melunakkan makanan di lambung, serta menghambat pertumbuhan sel kanker. Kandungan serat buah nanas dapat mempermudah buang air besar pada penderita sembelit.

Manfaat Buah Nanas

Berikut beberapa manfaat buah nanas yang membuat tubuh sehat, seperti dilansir lifemojo :
1. Kaya Vitamin dan Mineral
Manfaat nyata dari buah nanas adalah mengandung banyak vitamin dan mineral, seperti kalsium, kalium, serat dan vitamin C. Di samping itubuah nanas juga rendah lemak dan kolesterol.
2. Memperkuat Tulang
Salah satu manfaat dari buah nanas adalah membantu membangun tulang yang sehat. Buah nanas kaya mangan, mineral yang diperlukan bagi tubuh untuk membangun tulang dan jaringan ikat. Hanya satu potong buah nanas memberikan 73 persen dari jumlah yang disarankan harian mangan. Manfaat buah nanas dapat mempengaruhi pertumbuhan tulang pada orang muda dan penguatan tulang pada orang tua.
3. Baik untuk Gigi
Gusi memegang gigi pada tempatnya dan gigi akan berada dalam kondisi yang buruk jika Anda memiliki gusi tak sehat. Dengan makan buah nanas, Anda memperkuat gusi selama bertahun-tahun kemudian..
4. Meredakan Batuk dan Pilek
Manfaat buah nanas ketika Anda terserang flu atau batuk adalah sama dengan manfaat dari jus jeruk, tetapi ada keuntungan tambahan dari buah nanas. Bromelain yang ditemukan dalam buah nanas, telah ditemukan untuk membantu menekan batuk dan melonggarkan lendir.
5. Melancarkan Pencernaan
Bromelain yang ditemukan dalam buah nanas membantu dalam pencernaan. Makan satu potong buah nanas setelah makan akan mengurangi gas, kembung, mual, sembelit dan gejala sindrom iritasi usus besar. Jus buah nanas segar juga membantu dalam menghilangkan cacing usus.



10) MANGGA

Buah mangga memiliki kandungan vitamin A, C dan E yang sangat bagus untuk keremajaan kulit dan mencegah kanker. Karena didalam buah mangga terdapat karotenoid yang disebut crytoxanthin, yaitu bahan penumpas kanker yang baik. Kandungan asam galat yang ada di buah mangga, sangat baik buat pencernaan, selain itu kadungan riboflavin buah mangga baik untuk menjaga kesehatan mata, mulut dan tenggorokan. Nah, jika belanja buah mangga, jangan pilih yang terlalu matang atau mentah, pilihlah kualitas yang pas, yaitu matang di pohon, tekturnya padat tapi tidak terlalu keras, baunya harum tapi tidak menyengat.

Manfaat Buah Mangga
Ada beberapa manfaat yang dimiliki oleh buah mangga :
1. Khasiat buah mangga sebagai Antioksidan Tubuh
Buah mangga merupakan sumber beta-karoten , kalium, dan vitamin C. Beta-karoten adalah zat yang di dalam tubuh akan diubah menjadi vitamin A (zat gizi yang penting untuk fungsi retina). Beta-karoten (dan vitaminC) juga tergolong antioksidan, senyawa yang dapat memberikan perlindungan terhadap kanker karena dapat menetralkan radikal bebas. Radikal bebas adalah molekul-molekul tak stabil yang dihasilkan oleh berbagai proses kimia normal tubuh, radiasi matahari atau kosmis, asap rokok, dan pengaruh-pengaruh lingkungan lainnya.
2.  Bermanfaat untuk menumpas Kanker
Para ahli meyakini buah mangga adalah sumber karotenoid yang disebut beta crytoxanthin, yaitu bahan penumpas kanker yang baik.
3.  Baik untuk pencernaan, kesehatan mata, mulut, dan tenggorokan
Kandungan asam galat pada buah mangga sangat baik untuk saluran pencernaan. Sedangkan kandungan riboflavinnya sangat baik untuk kesehatan mata, mulut, dan tenggorokan.
4. Menyembuhkan berbagai macam penyakit
Buah mangga berkhasiat membantu menyembuhkan berbagai penyakit, diantaranya radang kulit, influenza, asma, gangguan pengelihatan, gusi berdarah, radang tenggorokan, radang saluran napas, sesak napas dan borok. Selain itu juga bisa mengatasi bisul, kudis, eksim, perut mulas, diare, mabuk perjalanan, cacingan, kurang nafsu makan, keputihan, gangguan menstruasi, hernia dan rematik.
5. Manfaat buah mangga untuk terapi
Misalnya untuk pembersih darah, menurunkan panas badan, dan menghilangkan bau badan. Buah mangga dianggap mampu membersihkan aliran darah dan mengurangi kelebihan panas badan. Selain itu buah mangga juga baik untuk menghilangkan bau badan.

3 komentar: