Kamis, 27 Maret 2014

Kliping kapal penumpang



Tugas sejarah                         
Kliping
KAPAL PENUMPANG

Nama : Cindi Febrianti
Kelas : XII IPA 3
http://cdn.kaskus.com/images/2013/06/07/5545235_20130607124100.jpg

















SMA N 8 KOTA JAMBI
Tahun Ajaran 2013/2014
Kapal penumpang
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/thumb/e/e9/Dermagabenoa.jpg/250px-Dermagabenoa.jpg











A. Pengertian Kapal Penumpang

Kapal penumpang adalah kapal yang digunakan untuk angkutan penumpang. Untuk meningkatkan effisiensi atau melayani keperluan yang lebih luas kapal penumpang dapat berupa kapal Ro-Ro, ataupun untuk perjalanan pendek terjadwal dalam bentuk kapal feri.
Kapal juga sering di artikan sebagai  kendaraan pengangkut penumpang dan barang di laut (sungai dsb) seperti halnya sampan atau perahu yang lebih kecil. Kapal biasanya cukup besar untuk membawa perahu kecil seperti sekoci. Sedangkan dalam istilah inggris, dipisahkan antara ship yang lebih besar dan boat yang lebih kecil. Secara kebiasaannya kapal dapat membawa perahu tetapi perahu tidak dapat membawa kapal. Ukuran sebenarnya dimana sebuah perahu disebut kapal selalu ditetapkan oleh undang-undang dan peraturan atau kebiasaan setempat.
Berabad-abad kapal digunakan oleh manusia untuk mengarungi sungai atau lautan yang diawali oleh penemuan perahu. Biasanya manusia pada masa lampau menggunakan kano, rakit ataupun perahu, semakin besar kebutuhan akan daya muat maka dibuatlah perahu atau rakit yang berukuran lebih besar yang dinamakan kapal. Bahan-bahan yang digunakan untuk pembuatan kapal pada masa lampau menggunakan kayu, bambu ataupun batang-batang papirus seperti yang digunakan bangsa mesir kuno kemudian digunakan bahan bahan logam seperti besi/baja karena kebutuhan manusia akan kapal yang kuat. Untuk penggeraknya manusia pada awalnya menggunakan dayung kemudian angin dengan bantuan layar, mesin uap setelah muncul revolusi Industri dan mesin diesel serta Nuklir. Beberapa penelitian memunculkan kapal bermesin yang berjalan mengambang di atas air seperti Hovercraft dan Eakroplane. Serta kapal yang digunakan di dasar lautan yakni kapal selam.
Berabad abad kapal digunakan untuk mengangkut penumpang dan barang sampai akhirnya pada awal abad ke-20 ditemukan pesawat terbang yang mampu mengangkut barang dan penumpang dalam waktu singkat maka kapal pun mendapat saingan berat. Namun untuk kapal masih memiliki keunggulan yakni mampu mengangkut barang dengan tonase yang lebih besar sehingga lebih banyak didominasi kapal niaga dan tanker sedangkan kapal penumpang banyak dialihkan menjadi kapal pesiar seperti Queen Elizabeth dan Awani Dream.
B.    Pra-sejarah
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/d/dd/Floss.jpg/220px-Floss.jpg

Rakit merupakan desain perahu yang paling sederhana.
Sejarah kapal sejalan dengan petualangan manusia. Perahu yang dikenal pertama kali dikenala pada masa Neolitikum, sekitar 10.000 tahun yang lalu. Kapal-kapal awal ini memiliki fungsi yang terbatas: mereka dapat bergerak di atas air, tapi hanya itu. Terutama digunakan untuk berburu dan memancing. Kano tertua yang ditemukan arkeolog sering dibuat dari batang pohon coniferous, menggunakan peralatan batu sederhana.
Navigasi
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/8/88/Ship_diagram-numbers.svg/300px-Ship_diagram-numbers.svg.png
http://bits.wikimedia.org/static-1.23wmf8/skins/common/images/magnify-clip.png
Bagian-bagian utama kapal. 1Smokestack atau Cerobong; 2Buritan; 3Propeler dan Kemudi; 4Portside (sebelah kanan dikenal dengan nama starboard); 5Jangkar; 6Bulbous bow; 7Haluan; 8Geladak; 9Anjungan
Untuk menentukan arah, pada masa lalu kapal berlayar tidak jauh dari benua atau daratan. Namun sesuai dengan perkembangan akhirnya para awak kapal menggunakan bintang sebagai alat bantu navigasi dengan alat bantu berupa kompas dan astrolabe serta peta. Ditemukannya jam pasir oleh orang-orang Arab juga ikut membantu navigasi ditambah dengan penemuan jam oleh John Harrison pada abad ke-17. Penemuan telegraf oleh S.F.B Morse dan radio oleh C. Marconi, terlebih lebih penggunaan radar dan sonar yang ditemukan pada abad ke 20 membuat peranan navigator agak tergeser. Satuan kecepatan kapal dihitung dengan knot dimana 1 knot = 1,85200 km/jam.
Menjelang akhir abad ke-20, navigasi sangat dipermudah oleh GPS, yang memiliki ketelitian sangat tinggi dengan bantuan satelit.Selain dari itu system komunikasi yang sangat modern juga menunjang navigasi dengan adanya beberapa macam peralatan seperti radar type Harpa memungkinkan para navigator / Mualim bisa melihat langsung keadaan kondisi laut. Radar harpa ini adalah radar modern yang bisa mendeteksi langsung jarak antara kapal dgn kapal, kapal dengan daratan , kapal dengan daerah berbahaya, kecepatan kapal, kecepatan angin,dan mempunyai daya akurasi gambar yang jelas. Selain dari itu ada lagi system GMDSS (Global Maritime Distress safety system) Suatu system keselamatan pelayaran secara global. Kalau suatu kapal berada dalam kondisi berbahaya system ini akan memancarkan berita bahaya yang berisi posisi kapal, nama kapal, jenis marabahaya,tersebut secara otomatis, cepat, tepat , akurat. Untuk system komunikasi lainnya ada INMARSAT (International Maritime satelite) Suatu system pengiriman berita menggunakan E-Mail, Telephone, Telex, ataupun Faximile.
C.  Sejarah
Menurut catatan sejarah, bangsa Mesir merupakan bangsa yang pertama kali menggunakan kapal sebagai alat untuk perniagaan sekitar tahun 6000 SM. Pada waktu itu Mesir memperdagangkan gandumnya ke kawasan Libanon yang menghasilkan tekstil untuk bahan pakaian.
Bangsa Punisia merupakan pelaut-pelaut yang berani pada zaman dahulu. Mereka mendiami daerah pantai diantara pegunungan Libanon dan laut Tengah. Bangsa ini telah menjelajahi seluruh seluruh pelosok laut tengah dengan kapal-kapalnya. Bahkan mereka telah berhasil menelusuri pantai hingga ke tanah Inggris. Kapal-kapal bangsa Punisia disebut Galley. Yang dibuat dari kayu sejenis pohon cemara, memakai tenaga layar sertabeberapa orang pendayung. Kapal jenis ini pada waktu itu berlayar sangat cepat serta lebih mudah dari kapal layar biasa. Pada kedua sisi kapal, terdapat sederetan tempat duduk bagi para pendayung. Bangsa Punisia terkenal sangat berani melakukan pelayaran ke negara-negara lain sehingga perdagangan sangat ramai dan juga penyebaran ilmu.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhxmo0E9fVvlrL71IBysVkmLBIhnhechJAdkfsuCD5INddC70IGXmn0WKKkOxKUc6wxNN7EUnixvxkqhVtSU71NGZGzCjuZnl2H0HFIyJ9iKv96NXZTvwUq1a35DaBdfGk78esWrxO0ZKfu/s320/94822-004-E6EF83B3.jpg









Pada abad ke 5 lalu lintas  laut tengah sudah sangat maju. Pada waktu itu ditemukan layar sejenis lateen yang berbentuk segitiga. Memasangnya membujur sepanjang tubuh kapal. Sebelum penemuan penemuan layar bentuk lateen, layar berbentuk segi empat, dipasang melintang terhadap tubuh kapal. Tanpa menggunakan navigasi pelaut-pelaut zaman dahulu telah berani mengarungi lautan, salah satu pedoman yang mereka gunakan hanyalah garis pantai, disamping tanda pengenal tertentu yang nampak dari lautan.
http://www.kastenmarine.com/_drawings/pinisi_silolona_watercolor.gif













Bukti tertua mengenai penggunaan kapal di Nusantara ditemukan di situs kerajaan Sriwijaya di daerah Palembang, namun sangat tidak lengkap. Indikasi bahwa nenek moyang bangsa Indonesia sudah menggunakan kapal sebagai sarana transportasi baik untuk kepentingan militer maupun untuk kepentingan ekonomi ditemukan pada relief candi Borobudur yang dibangun pada abad IX Masehi. Kapal yang dipahatkan di candi tersebut mempunyai kesamaan dengan kapal jenis kora-kora sebagaimana yang telah digambarkan oleh orang-orang Eropa pada saat pertama kali datang ke Indonesia. Lambung kapal Borobudur memiliki sepasang penggandung (outrigger) yang terapung dan berfungsi sebagai penyeimbang serta tempat para pendayung. Kapal Borobudur memiliki dua tiang layar berkaki tiga untuk mengibarkan layar empat persegi yang pada kapal-kapal Yunani kuno disebut sebagai artemon.
http://indocropcircles.files.wordpress.com/2011/05/borobudur_ship_relief-2.jpg?w=640&h=224https://encrypted-tbn3.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcT8iq-0ppI6QsJ82fGFV3jT7GYlG1PfEh8DVUfUfnHAK3VVRC_3









Pelayaran sudah bertambah maju lagi, setelah dapat dibuat kapal-kapal dengan tiang ganda. Inggris dan spanyol mulai meluaskan. Kapal layar yang baik pada saat itu perdagangan dan memperluas pula  tanah jajahanya. Pada waktu Amerika terlepas dari jajahan, mereka sudah mengenal kapal-kapal layar yang sangat baik. Kapal layar yang baik pada saat adalah jenis Clipper. Clipper ini bertubuh ramping dan bertiang ganda.susunan layarnya diatur sedemikian rupa sehingga menjadi efisien sekali. Itulah kapal layar tercepat pada saat itu tetapi masih tergantung dengan adanya angin.
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhCetIsV7bExFmH4afRTcO8KB0EAKh0AAjZFJ_agDHJ_EExQSYt3EIRDPe61hxl8Kyr11tfhB8xDeiGY6_Xfk8dUu-u4IY1O93RpF3HO2dXBAFrTvI088p_amC1TWvwMq7M4tohnpTfi5Q/s400/preussen.jpg









Penemuan kapal mulai ramai dan mulailah bermunculan bangsa-bangsa yang mulai menciptakan kapal. Bangsa Viking merupakan pelaut piawai yang berhasil mencapai wilayah wilayah yang jauh dari pelabuhan asalnya di Skandinavia. Bahkan mereka berlayar menggunakan kapal kokoh mereka sampai dunia baru. Tokoh terkenal bangsa Viking, Leif Ericson, yang mendarat di Amerika Utara hampir 500 tahun sebelum Colombus menemukan, ia menamai wilayah itu Vinland. Bangsa Viking menjelajah lautan menggunakan kapal yang mereka namakan kapal Oseberg yang dibuat pada tahun 900 M. Kapal  ini terbuat dari kayu yang kuat dengan 12 plang dari masing-masing sisinya, panjangnya 70 kak(21 meter) dan hampir 17 kaki (5,1 meter) sepanjang rangka tengah uatamanya. Kapal ini membawa 30 pendayung dan satu layar yang dipasang pada salah satu tiangnya. Kapal yang sudah cukup baik dikala masa itu.  Saat kapal ini ditemukan sekitar tahun 1904, didapati kerangka ratu Viking didalamnya, tetapi fakta tersebut tidak mengherankan mengingat bangsa Viking dikenal selalu melakukan upacara pemakaman yang megah dan mewah bagi para pejuang mereka di lautan.
http://mizan.com/datafitur/news_img/1/201311/oseberg-viking-ship.jpg













Inggris merupakan salah satu negara atau kebangsaan yang mulai mengembangkan pembuatan-pembuatan kapal yang lebih kompleks. Selama perang antara Inggris dan Perancis  (1337-1453) armada angkatan laut Inggris menggunakan kapal bulat Chisthoper of the Tower salah satu kapal utama yang memiliki dek untuk menembak senjata api. Pada tanggal 24 juni 1340 kira-kira 150 kapal Inggris menghadapi hampir 200 kapal Perancis di pelabuhan Syliu, Belanda. Dengan kekutan penembakan yang luar biasa Chisthoper of the Tower dengan mudah mengalahkan Perancis. Selain itu Inggris merupakan salah satu yang membuat kapal perang yang seutuhnya dari  besi. Dan Inggris juga terkenal sebagai pembuat kapal yang handal dan salah satu kapal hasil ciptaannya adalah Royal Sovereign yang digambarkan sebagai kapal tercantik yang pernah ada dan kapal terbesar di masanya(1637).  Selain kapal tersebut ada beberapa kapal lagi yang cukup populer diantaranya adalah Mayflower (1620) sebagai salah satu kapal terkenal dalam sejarah yang dikenal sebagai pembawa kaum Pligrin(calon penduduk baru/pembawa agama) ke dunia baru untuk membantu membangun tempat tinggal pertama bangsa Eropa yang permananen di New England. Kapal ini digunakan sebagai kapal dagan tetpai masih dilengkapai dengan senjata api.
Spanyol dan Portugis merupakan negara- negara yang mampu menciptakan kapal-kapal diantaranya adalah Tiga kapal yang paling terkenal dalam sejarah adalah kapal yang mengangkut Christoper Columbus kedalam dunia baru tahun 1492 yaitu Santa Maria, Ninna, Pinta. Diyakini Santa Maria adalah carevel (kapal penjelajah) seberat 100 ton. Kapal penjelajah ini awalnya memiliki dua tiang utama yang disangga denga tiang latten atau tiang  layar. Santa Maria merupakan kapal utama Columbus. Kapal itu diyakini sebagai careval bertiang tiga yang berlayar di lautan yang dengan panjang 95 kaki(30 meter), yang lebih besar jika dibandingkan dengan kapal-kapal yang ada pada saat itu.pada tanggal 3 Agustus 1942, Santa Maria, Nina, dan Pinta berangkat dari Palos. Columbus mencari rute baru menuju Asia, tetapi sebaliknya ia menemukan dunia baru. Dan mendarat pada tanggal 12 Oktober yang pada saat itu diberi nama Bahama.
Bangsa Rusia juga memulai membuat kapal yang turut berpengaruh bagi sejarah dunia St. Peter (1740) adalah kapal Rusia pada abad ke 18  yang digunakan oleh penjelajah Denmark, Vitus Bering yang sekarang disebut Alaska, semenanjung Alaska serta kepulauan Aleutian. St. Piter dibuat di Okhotsk pada bulan juni 1740. Penemuan kapal ini digunakan untuk penjelajahan dengan memiliki bobot 108 ton dengan panjang sekitar 25 meter serta lebar sekitar 6.5 meter. Sehingga kapal ini mampu menganngkut 76 orang dengan dilengkapi dengan 14 senapan. Penemuan yang sudah baik pada saat itu karena telah diketahui  bersama bahwa yang berpengaruh besar pada dunia kapal ialah bangsa-bangsa dari Portugis, Spanyol dan Inggris.


D.Proses Perkembangan Kapal
       Tingkat perkembangan kapal  yang semakin maju sehingga membuat kapal yang semula hanya berbentuk sederhana , kini berubah menjadi bentuk yang lebih kompleks. Ukuran dan karakteristik utama sebuah kapal ditentukan terutama oleh misi atau pelayaran yang di inginkan.
Seiring perkembangan zaman kapal pun mengalami perkembangan yang kemudian dibedakan dalam beberapa jenis kapal diantaranya.
1.     Kapal layar
Kapal layar adalah sebuah kapal besar yang bergerak dengan menggunakan layar yang memanfaatkan tenaga angin sebagai pendorongnya. Konstruksi Kapal ini umumnya terbuat dari kayu dan cukup lama digunakan sebagai tulang pungung pelayaran baik bersifat sipil maupun militer sampai penemuan mesin uap dan kapal besi/baja pada abad ke 19 seiring dengan ramainya Revolusi Industri yang dipelopori oleh Inggris melalui penemuan mesin uap oleh James Watt. Kapal layar ini akan berkecepatan tinggi apabila semakin kencang angin yang berhembus. Tapi apabila ada badai , layar dari kapal tersebut pun mungkin bisa sobek karena tidak kuat menahan kuatnya angin.
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/id/1/1f/Dewaruci.jpg
Pada awalnya, kapal layar digerakkan oleh tenaga manusia  dan layar. Model dari kapal jenis ini dapat dilihat pada kapal vikingkapal Mesir Kuno, kapal Romawi Kuno, dan kapal yang dipakai oleh para penjelajah pulau atau kapal perompak  (bajak laut). Pada masa kini umumnya kapal layar dilengkapi dengan mesin tempel untuk menghadapi kemungkinan tidak bertiupnya angin pada daerah daerah tertentu agar tetap melanjutkan perjalanannya. Seiring dengan perkembangan, maka digunakan kapal layar bercadik seperti yang dijumpai di Indonesia, Kapal dengan menggunakan layar segitiga seperti yang dijumpai di Timur Tengah dan Kapal layar segi empat yang digunakan oleh Bangsa bangsa Eropa menjelang memasuki abad penjelajahan, Serta kapal layar lipat dengan model yang dijumpai di Jepang ataupun China. Sedangkan kapal layar tradisional bangsa Mesir dibuat sekitar tahun 3500 SM pada era Kerajaan Lama. Kapal ini digunakan untuk mengarungi Sungai Nil.
Adapun kapal layar yang digunakan untuk perang. Kapal perang pada awalnya menggunakan layar dan pendayung. Kapal perang ini sangat sederhana dan pertempurannya menggunakan pedang dan tombak dalam jarak dekat. Selain itu, kapal dilengkapi dengan alat pendobrak yang dipasang pada bagian haluan kapal. Sehingga, kapal tersebut, dengan kekuatan pendayung ditabrakkan pada kapal lawan sehingga bocor dan tenggelam. Kapal ini kemudian dikenal sebagai Galley. Selain Galley, pada masa itu , bangsa Viking dari Skandinavia memakai kapal yang dikenal sebagai "Viking Longship". Selain menggunakan pendobrak pada haluan kapal, pada kapal tertentu menggunakan penyembur api, yang dikenal kemudian dikenal sebagai "api Yunani", dan pada masa peperangan antara Romawi-Karthago, kapal-kapal Romawi dilengkapi dengan jembatan yang disebut dengan Corvus.
Dalam perkembangan selanjutnya, kapal dilengkapi dengan bangunan di tempat yang agak tinggi sebagai pemanah, yang pada perkembangan selanjutnya dikenal sebagai bridge atau anjungan, yang nantinya berfungsi sebagai pusat komando. Selain bridge, kapal juga dilengkapi castle atau semacam benteng pada haluan dan buritan kapal. Tujuannya adalah agar para pemanah lawan tidak dapat melumpuhkan kapal baik dari haluan kapal maupun buritan kapal. Dari konsep inilah, kapal kemudian dipertebal dan diperkuat. Konsep ini diterapkan diawali oleh Angkatan Laut Kerajaan di kawasan Eropa Utara.
2.     Kapal Uap
https://encrypted-tbn2.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcSg0GSo6O5eb3kvZcCpoHW8pDC_7Piyz_bKm_fbTs3ieqMrhSiwAwalnya dulu, kapal mesin uap digunakan di sepanjang rute sungai untuk mengangkat barang-barang perdagangan, lalu mulai dipakai untuk mengangkut penumpang juga. Sedangkan kapal uap yang ukurannya lebih besar lagi dan digunakan khusus untuk mengangkut penumpang, disebut kapal samudra.Umumnya kapal tersebut memang digunakan untuk mengarungi samudra dan dengan konsep yang lebih mewah. Hingga saat ini, sejumlah kapal uap masih digunakan di beberapa negara untuk kepentingan wisata. Kegunaan kapal uap adalah untuk membawa barang dagangan sepanjang rute sungai. Namun, lama-lama berkembang untuk transportasi penumpang. Seiring berjalannya waktu, kapal uap tidak hanya digunakan sepanjang rute sungai, tapi juga sepanjang lautan yang luas. Claude de Juffroy (1751–1832) membuat model kapal uap pertama di dunia. Tahun 1774, ia dan rekan-rekannya mendemonstrasikan kapal buatannya  Palmipede yang mengarungi Sungai Doubs di hadapan Napoleon Bonaparte. Demonstrasi Palmipede berjalan sukses.
Seiring dengan berjalannya waktu, mesin uap dikembangkan untuk keperluan perang. Galangan kapal di Toulon, Perancis, membuat sebuah kapal perang yang fenomenal dalam sejarah perkapalan. Le Napoleon (The Napoleon) adalah kapal perang perang pertama di dunia yang menggunakan mesin uap sebagai penggerak utamanya selain layar. Sejak peluncurannya di tahun 1850, Le Napoleon telah mewakili 9 nama kelas kapal perang dalam AL Perancis. Keberhasilan Le Napoleon akhirnya ditiru oleh galangan kapal di negara Eropa. Ironclad adalah kapal perang bertenaga uap yang dikembangkan pada abad 19. Kapal ini dilapisi oleh plat besi tebal. Ironclad pertama adalah La Gloire dari AL Perancis pada November 1859. Memasuki abad 20, angkatan laut dunia meyadari bahwa mereka membutuhkan kapal perang yang baru. Ironclad sudah dianggap ketinggalan jaman. Tahun 1906, inovasi itu lahir dari Angakat Laut Inggris. HMS Dreadnought menandai revolusi kapal perang dunia. Kemunculannya merupakan pertanda perkembangan teknologi perkapalan sudah sangat maju. Laksamana Sir John "Jackie" Fisher diberi titel sebagai "Bapak Dreadnought". Dreadnought menjadi kapal perang pertama yang memiliki batere kanon utama pada zamannya. Ia juga merupakan kapal perang pertama yang menggunakan mesin uap turbin, sehingga menjadikan Dreadnought sebagai kapal tercepat di masanya.
         3. Kapal Diesel
 Perkembangan dunia perkapalan semakin pesat. Segala inovasi baru bermunculan untuk meningkatkan mutu pelayaran. Tahun 1892, Rudolf Diesel mendapat hak paten atas ciptaannya, mesin diesel. Beberapa tahun kemudian, mesin diesel mulai merambat ke dunia perkapalan. Kapal tanker dari Rusia bernama Vandal menandai lahirnya era baru dalam industri perkapalan. Vandal merupakan kapal laut pertama yang menggunakan mesin diesel sebagai penggerak utamanya. Perjalanan perdana Vandal dimulai di perairan Volga-Baltic dan mesin diesel yang dipakai untuk pembuatan kapal menjadi tren baru di industri perkapalan. Tahun 1920-an, USS Tennesse menjadi kapal pertama yang menggunakan mesin turbin elektrik. Mesin turbin elektrik kelak akan digunakan seterusnya sebagai mesin utama dalam pembuatan kapal. Hampir semua kapal perang bertenaga uap langsung di tiadakan, dan diganti dengan kapal bermesin diesel yang memiliki banyak keuntungan.
http://poedjituhan.edublogs.org/files/2007/11/kapal2.jpg











Tahun 1930, lahirlah tiga kapal tempur kelas pocket battleship dari galangan kapal Jerman. Sekedar informasi, pocket battleship adalah jenis kapal perang (battleship) yang berat tonasenya tidak melampaui standar berat tonase battleship (sekitar 40.000-an ton). Biasanya, pocket battleship memiliki bobot yang ringan, ada yang dibawah 10.000 ton tetapi ada juga yang tepat atau justru kelebihan walaupun sedikit. Pocket battleship menjadi siasat industri kapal Jerman untuk terus membuat armada tempurnya. Tiga kapal pocket battleship itu ialah, Admiral Graf Spee, Deutchland, dan Admiral Scheer.
         4. Kapal Selam
Kapal selam adalah kapal yang bergerak di bawah permukaan air, umumnya digunakan untuk tujuan dan kepentingan militer. Sebagian besar Angkatan Laut memiliki dan mengoperasikan kapal selam sekalipun jumlah dan populasinya di masing-masing negara berbeda. Selain digunakan untuk kepentingan militer, kapal selam juga digunakan untuk keperluan ilmu pengetahuan laut dan air tawar dan untuk bertugas di kedalaman yang tidak

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEid0TBvlgb0rm8qWABXV0NQyGIYdyS2K6u21gSs7ePl02KJXj28STPDpZsfATzphwjb-e1Hs316q3k7JLzH-hEVEReYcSrM6RB5wI4xY6YOuQt6iJAOUwQOXSgJKvauuuRVQ5ijY4F3AUs/s1600/Paket+Tour+Murah+ke+bali+-+odyssey+Submarine3.jpg









sesuai untuk penyelaman oleh manusia. Sejarah perancangan kapal selam dimulai pada tahun 1578 oleh seorang ahli matematika bernama William Bourne. Ia merancang sebuah kapal yang dilapisi oleh kulit yang kedap air, namun hal tersebut tidak dapat diwujudkan. Kemudian pada tahun 1620, seorang warga Jerman bernama Cornelis Drebbel, membuat kapal yang berhasil menyelam sedalam 360 sampai 450 cm dengan didayung oleh 12 orang. Seorang pastor Italia bernama Giovanni Alfonso Borelli pada tahun 1680 juga merancang kapal selam yang digerakkan dengan dayung dan memakai kantung-kantung pengapung dari kulit kambing. Namun rancangan itu tetap tinggal di atas kertas, dan baru terwujud ketika orang Inggris, Nethaniel Symons mengkopinya tahun 1747 dan menguji perahunya di Sungai Themes. Kapal ini mampu bertahan di dalam air selama 45 menit. Kapal selam sederhana tanpa dayung serta peralatan yang lebih maju dimulai oleh David Bushnell pada tahun 1775. Kapal selam ciptaannya berbentuk seperti telur, terbuat dari kayu. Kapal selam dengan penggerak bukan manusia dimulai oleh Robert Fulton. Ia menggunakan mesin uap untuk menjalankan kapalnya dan untuk memudahkan kapal meluncur maju, kapal ini dibuat dengan bentuk cerutu. Kapal cerutu ini membawa 2 awak kapal dan sudah mampu menyelam selama beberapa jam. Pada tahun 1954, Angkatan Laut Amerika Serikat membuat sejarah baru dengan meluncurkan kapal selam pertama bertenaga nuklir bernama Nautilus. Nautilus pun menjadi kapal selam pertama yang berhasil melintasi Kutub Utara pada tahun 1958. Prestasi lain diukir oleh kapal selam Triton yang berhasil mengarungi seluruh lautan di dunia pada tahun 1960. Kapal ini mampu melintasi jarak sejauh 66.970 km dalam waktu 84 hari saja. Bukan cuma itu, pada tahun 1960 AS juga telah mulai melengkapi kapal kapal selam mereka dengan peluru kendali (rudal) antar benua yang bisa melewati 1.930 km dan menghancurkan sasaran yang dituju.

Daftar kapal yang pernah sangat terkenal pada zamannya
Tahun
Nama
Perusahaan
Negara
1819
320 BRT
Savannah Steamship Company














1831
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj5bH4uPWwFDjZRAEzhk2nGsE_304QV9qFFlRY7fMjVBgLujnoo8epNwjtMcucJP-UV1oiNtEsNI45bQHZqHQd3BB2hR-xtKJ6xDLlNpJdUKP4zO6rNObrUT6apbqwfkz6qBZAlsZPv8oo/s320/aup1.jpg



























540 BRT













St. John & Halifax Steam Navigation Company






























1838

































Great Western Steamship Company

















1840


2,366 BRT
British & American
     Steam Navigation Company

Britania Raya


1857




http://www.neworleanspubliclibrary.org/%7Enopl/exhibits/ccmem/presiden.jpg  










http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/2/23/RMS_Adriatic_postcard.jpg/300px-RMS_Adriatic_postcard.jpg











4,145 BRT



New York & Liverpool Amerika Serikat Mail S.S. Co. (Collins)
Amerika Serikat
1858
18,915 BRT
Eastern Steam Navigation Company
Britania Raya
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/0/02/Great_Eastern_SLV_AllanGreen.jpg



1871   RMS Egypt              4,670 BRT    National Line Ltd.                                  Britania Raya
http://www.deepimage.co.uk/wrecks/egypt/egypt_images/egypt_historc/egypt_hospitalship.jpg

                                                                                                                           

1875
5,526 BRT     Inman Line Ltd.                                  Britania Raya
http://upload.wikimedia.org/wikipedia/commons/thumb/6/6a/Inman_City_of_Berlin.jpg/300px-Inman_City_of_Berlin.jpg
                            









1881   SS Servia                       5,526 BRT        Cunard Line.                                   Britania Raya
File:RMS Servia Underway, Detroit Publishing Company.jpg

                                             











ANALISA DATA


Laut Indonesia merupakan salah satu checkpoint yang paling penting di dunia kapal.  Sebagian besar dari perdagangan global harus melewati Selat Malaka dan perairan dangkal di sekitar pesisir kepulauan Indonesia.
Situasi ini membuat Indonesia membutuhkan kapal penumpang modern yang memiliki teknologi Air-Independent Propulsion (AIP) yang memungkinkan kapal bisa beroperasi di dalam laut  hingga 3 minggu, pada kecepatan rendah. AIP membuat diesel-listrik kapal sulit  terdeteksi.
Kehadiran kapal yang terbaik akan memperkuat penjagaan wilayah bawah laut Indonesia, terutama yang  hot spot . Pertumbuhan ekonomi Indonesia ikut mendorong terciptanya revitalisasi kapal ini.
Indonesia pun mulai melakukan perburuan terhadap kapal penumpang dengan kriteria: senyap, bisa bertahan lebih lama di dalam air dan mematikan. Jerman, Korea Selatan dan Turki yang mendapatkan angin untuk memenangkan tender kapal selam yang diinginkan Indonesia. Namun Rusia membuat gebrakan dan telah menjalin hubungan erat dengan Indonesia, melalui pengadaan berbagai peralatan pertahanan dalam beberapa tahun terakhir, untuk pengadaan: kendaran tempur, pesawat, serta Rudal Yakhont P 800/SS-N-26.
Indonesia menghargai upaya Rusia itu. Apalagi kapal improved Kilo 636M adalah pilihan teknis yang baik untuk lingkungan di Indonesia, dan populer di seluruh dunia.  Beberapa negara terdekat  juga telah mengoperasikan kapal selam ini, termasuk India dan China.
Menurut saya di masa yang akan datang ,kira kira sekitar tahun 2030 an, Indonesia harus mempunyai kapal yang bebas dari benturan Tsunami. Karena selain keren dimata dunia, namun juga memiliki dampak positif bagi penduduk indonesia. Melindungi manusia dari bencana yang terjadi.

3 komentar: